7 Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Royal Enfield Terbaik di Indonesia
7 Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Royal Enfield Terbaik di Indonesia
Beberapa tahun lalu atau tepatnya pada ajang GIIAS 2015, Indonesia secara resmi telah kedatangan salah satu brand motor tertua di dunia yaitu Royal Enfield dengan memamerkan beberpa kategori motor premiumnya. Hingga sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 8 unit motor yang mereka pasarkan.
Saat ini ada 7 model motor Royal Enfield yang tersedia di Indonesia. Royal Enfield memasarkan 5 Cruiser, 2 Sport and 1 Dual Sport di country. Yang termurah adalah Bullet 350 seharga Rp64,5 juta dan termahal Continental GT 650 seharga Rp194,3 juta.
Menariknya hampir semua produk tersebut memiliki desain klasik dan futuristik yang akan membuat setiap orang langsung terpikat saat melihatnya. Perpaduan gaya moderen dan juga konstruksi yang apik memang menjadi salah satu kunci keberhasilan mereka di pasar tanah air.
Berikut ini redaksi kami sudah menyiapkan daftar harga dan spesifikasi motor Royal Enfield yang di jual untuk pasar Indonesia dikutip dari website www.oto.com :
1. Motor Royal Enfield Classic 500
Pilihan warna dari Classic 500 cukup banyak. Dengan berbagai gaya, semua kelir yang disediakan tetap bernuansa klasik. Harga OTR Jakarta Rp 92.600.000 cukup terjangkau apalagi bagi mereka yang baru akan memiliki motor besar, motor ini bisa jadi pertimbangan.
- Kelebihan Motor Royal Enfield Classic 500
Sensasi mengendarai motor tua
Torsi besar
Pilihan warna menarik
Harga relatif terjangkau
- Kekurangan Motor Royal Enfield Classic 500
Getaran mesin berlebihan, beberapa pengguna mengeluhkan berakibat pada longgarnya baut-baut yang ada.
Tenaga terbilang kecil
Minim fitur
Image build quality belum sebaik rivalnya
Baca Juga : Review Oli Motor Matic Terbaik Yang Tahan Panas : TOP 1 Action Matic
2. Motor Royal Enfield Bullet 500
Bullet 500 menjadi varian termurah Royal Enfield di kelas 500cc. Sayangnya, hanya ada satu pilihan warna yaitu “Jet Black”. Motor ini sangat disayangkan masih menggunakan rem tromol di roda belakangnya, sedangkan varian Classic sudah mengadaptasi rem cakram di kedua rodanya.
Royal Enfield Indonesia menjualnya dengan harga OTR Jakarta Rp 85.000.000. cukup murah bukan untuk ukuran motor kelas 500cc?
- Kelebihan Motor Royal Enfield Bullet 500
Dengan harga Rp 85juta mendapatkan motor bermesin 500 cc
Model sedikit lebih modern bagi yang tidak berselera pada motor klasik
Posisi mengemudi lebih nyaman
Sudah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection
- Kekurangan Motor Royal Enfield Bullet 500
Getaran mesin tetap ada
Rem belakang masih teromol
Hanya ada satu pilihan warna
3. Motor Royal Enfield Classic 350
Update 19 Februari 2018: Royal Enfield Classic350 adalah motor yang menarik. Bentuk klasik dengan segala lekukan dan kesederhanaanya membuat siapapun akan memandang kagum sambil tersenyum. Motor ini mengusung mesin satu silinder dengan kapasitas 346 cc. Pendinginannya mengandalkan udara alias air cooled. Duduk di atas motor ini juga merupakan sensasi tersendiri. Meski bentuknya terlihat besar, tapi terasa cukup ringan untuk sebuah motor dengan kapasitas mesin besar. Selain itu, berdasarkan pengujian kami, konsumsi BBM-nya masih bisa 30,5 kpl.
Stang lebar membuat posisi berkendara nyaman, meski akan terasa repot saat berkelit. Royal Enfield Classic 350 dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun motor-motor berbentuk klasik sekelas ini sepertinya memang mahal, pesaingnya, Kawasaki W250 dijual dengan harga Rp 72,6 juta. Sedangkan Classic 350 dibanderol RP 72,9 juta. Bedanya tipis.
- Kelebihan Motor Royal Enfield Classic 350
Tampilan khas motor perang dunia
Cocok untuk pemula
Harga terjangkau
Banyak pilihan warna
- Kekurangan Motor Royal Enfield Classic 350
Minim Fitur Modern
Pengereman tanpa ABS
Mesin kurang bertenaga
Bobot berat
4. Motor Royal Enfield Bullet 350
Bullet 350 menjadi varian termurah Royal Enfield di kelas Bullet. Sayangnya, hanya ada satu pilihan warna yaitu “Jet Black”. Motor ini sangat disayangkan masih menggunakan rem tromol di roda belakangnya, sedangkan varian Classic sudah mengadaptasi rem cakram di kedua rodanya.
Royal Enfield Indonesia menjualnya dengan harga OTR Jakarta Rp 64.000.000. cukup murah bukan untuk ukuran motor kelas 350cc?
- Kelebihan Motor Royal Enfield Bullet 350
Desain unik
Tenaga besar
Akselerasi responsif
- Kekurangan Motor Royal Enfield Bullet 350
Harga kurang kompetitif
Tak banyak fitur
Minim perangkat keselamatan
5. Motor Royal Enfield Rumbler 500
Royal Enfield Rumbler 500 tersedia dalam tiga pilihan kelir, semuanya dengan finishing metalik. Warnanya Black Stone, Green Lightning dan Blue Marine. Sebagai penggerak, motor ini punya mesin yang serupa dengan Royal Enfield yang bermesin 500 cc. Kecuali Continental GT. Desainnya bisa dibilang retro, dan tidak terlalu klasik.
Baca Juga : Waktu Tepat Ganti Oli Motor Matic Yamaha
Mereka yang suka motor era 80-an mungkin Rumbler 500 bisa jadi pilihan. Hal pendukung seperti panel instrumen masih berbentuk analog, meski sudah ada odometer digital. Sebagai motor dengan genre cruiser, Rumbler punya posisi berkendara yang ergonomis, terutama untuk jarak jauh.
- Kelebihan Motor Royal Enfield Rumbler 500
Sangat menunjang kebutuhan touring
Harga kompetitif
Panel instrumen tergolong lengkap
Jok penumpang dengan mudah dilepas-pasang untuk tambahan akomodasi
Tidak hanya pengendara, penumpang dimanjakan dengan sandaran jok kecil
- Kekurangan Motor Royal Enfield Rumbler 500
Getaran mesin masih mengganggu
Model terlihat biasa saja
Penggunaan ukuran ban yang tampak tidak proporsional
6. Motor Royal Enfield Himalayan
Sudah satu tahun berselang sejak meluncur di Indonesia, harganya masih di angka Rp 95,4 juta OTR Jakarta. Untuk model Himalayan, belum ada ubahan sedikitpun. Pilihan warna terbagi menjadi tiga yaitu putih, hitam, dan motif sleet. Dengan harga yang tidak mencapai Rp 100 juta, motor ini sangat layak untuk diperhitungkan. Mengingat rival-rival yang ada tidak mampu menjualnya dengan harga kurang dari itu.
Sebetulnya Royal Enfield sudah memperkenalkan Himalayan di tahun 2016. Berselang dua tahun, Himalayan akhirnya resmi melantai di Indonesia pada tahun 2018. Modelnya sama persis seperti yang ada di negara asalnya. Mesin yang digunakan adalah mesin 1 silinder 411cc SOHC. Tenaganya ada pada angka 24,8 PS dan torsi 32Nm.
- Kelebihan Motor Royal Enfield Himalayan
Harga sangat terjangkau
Posisi duduk tegak dan nyaman
Walaupun tinggi, jarak jok ke tanah masih dalam batas wajar
Model klasik yang menjadi sensasi tersendiri
Fitur pada panel instrumen lengkap untuk motor semurah ini
- Kekurangan Motor Royal Enfield Himalayan
Tenaga dan torsi mesin biasa saja
Teknologi pengereman belum dilengkapi ABS
Jaringan aftersales yang belum luas
Brand image yang belum terlalu dikenal
7. Motor Royal Enfield Continental GT 650
GT 650 mengundang animo yang cukup besar saat diluncurkan di IIMS 2019. Karena sekarang sudah menggunakan mesin dua silinder baru. Otomatis tenaga dan suara yang dihasilkan lebih baik. Bagian rangka juga dibuat baru, hasil racikan Harris Performance asal Inggris. Bentuknya menganut aliran cafe racer dan memang enak dilihat. Kental unsur klasik, sesuatu yang tidak ditinggalkan oleh Royal Enfield.
Baca Juga : Waktu Terbaik Ganti Oli Motor Matic Honda
Selain itu, kepraktisan cukup mendukung kalau memang 'tega' menggunakan motor ini untuk harian. Jok bisa boncengan, jaraknya ke tanah 793 mm. Untuk ukuran standar Asia ini masih oke. Bagi yang belum begitu paham, jangan berharap akan menemukan fitur digital yang rumit di motor ini. Harganya yang ekonomis juga menjadi alasan mengapa motor ini cukup ditunggu.
- Kelebihan Motor Royal Enfield Continental GT 650
Mesin dua silinder baru
Rangka buatan Harris Performance
Topspeed meningkat
Ramah lingkungan
- Kekurangan Motor Royal Enfield Continental GT 650
Pencapaian torsi tidak secepat mesin satu silinder
Belum ABS
Minim fitur
Tidak ada LED di bagian lampu manapun
Membahas motor Royal Enfield, tahukah kamu? Bahwa Darius Sinathrya dan Donna Agnesia akan menjelajahi pegunungan Himalaya menggunakan Motor Royal Enfield Himalayan bersama Pelumas Full Synthetic TOP 1 Evolution dimulai pada 29 Juli hingga 8 Agustus 2019 ini untuk mencapai jalan kendaraan bermotor tertinggi di dunia, Khardung La.
Presenter yang gemar bermain bola ini mengaku telah siap menjalani petualangan penuh resiko di Himalaya. Perjalanan bermotor yang ditaksir akan mencapai jarak lebih dari 1.600 km itu bakal dilalui Darius dan istri dengan sepeda motor Royal Enfield Himalayan yang didukung oleh oli TOP 1 Indonesia.
TOP 1 Indonesia sendiri tidak main-main dalam mendukung aksi yang akan dilakukan Darius bersama tim petualang berpengalamannya. Mengingat Himalaya memiliki iklim ekstrim yang sering kali berubah-ubah, TOP 1 Indonesia telah menyiapkan oli TOP 1 Evolution MC 15W-50 yang berbahan dasar Fully Synthetic.
Baca Juga : Radiator Coolant Yang Bagus dengan Kualitas Terbaik